Sabtu, 19 Februari 2011

Surveilans


Apakah itu surveilans??? Surveilans adalah pengumpulan, analisis, dan interpretasi data terkait kesehatan yang dilakukan secara terus menerus dan sistematis yang kemudian didiseminasikan (disebarluaskan) kepada pihak-pihak yang bertanggung jawab untuk digunakan dalam pencegahan penyakit  (mengurangi morbiditas dan mortalitas) dan memperbaiki masalah kesehatan lainnya.
Surveilans memantau terus-menerus secara berkesinambungan kejadian dan kecerendungan penyakit, medeteksi dan memprediksi outbreak pada populasi, mengamati faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian penyakit, seperti perubahan pada vector, agen, dan linkungan. Selanjutnya surveilans menghubungkan informasi tersebut kepada pembuat keputusan agar dapat dilakukan langkah-langkah pencegahann dan pengendalian penyakit. Surveilans kesehatan masyarakat merupakan instrument penting unutk mencegah outbreak penyakit dan mengembangkan respons segera ketika penyakit mulai menyebar.
Sistem surveilans merupakan sebuah lingkar informasi yang melibatkan penyedia layanan kesehatan, dinas kesehatan masyarakat dan masyarakat itu sendiri. Aliran data surveilans sebagai berikut:
                      

Manfaat dan penggunaan surveilans
o   Memperkirakan besar pengaruh suatu program. Contoh penggunaan untuk memonitor performa dan efektivitas program pengendalian TB.
o   Menetukan distribusi geografis penyakit
o   Menggambarkan riwayat perjalana penyakit
o   Mendeteksi epidemic/ menetukan suatu problem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar