Sabtu, 19 Februari 2011

Antara Leadership, Teamwork, dan SDM


Suatu sistem yang bagus dan dapat berjalan dengan baik tak lepas dari Sumber daya manusia (SDM)  yang terlibat di dalamnya. Karena baik ide kebijakan, pelaksanaannya semua dilakukan oleh para SDM. Yang jadi masalah apakah dengan jumlah SDM yang banyak kita mampu memberikan yang terbaik, terutama dengan yang berkaitan dengan kesehatan. Bagaimanakah kita meningkatkan SDM sehingga dapat menjadikan lebih baik???
Manusia memang merupakan mahluk sosial yang tidak dapat dengan sendiri mengerjakan suatu pekerjaan yang kompleks. Setidaknya dalam oraganisasi setiap individu yang terlibat harus dapat :
o   Menyadari bahwa setiap fungsi dan kepentingannya mempunyai efek pada fungsi  & kepentingan individu lain dalam organisasi, demikian juga sebaliknya
o   Menghadapi berbagai macam tugas dan kewajiban, sehingga harus tahu prioritas penyelesaian pekerjaan
o   Kepentingan organisasi harus didahulukan daripada kepentingan individual dalam tingkat manapun
Dalam organisasi kita juga seharusnya dituntut untuk dapat bekerja sistematik dan serpikir sistemik. Individu dalam organisasi dituntut adanya tanggungjawab  atas penyelesaian tugas  masing-masing (sistematik) dengan tetap adanya kerjasama yang sangat memahami hak-hak yang proporsional sehingga diperoleh sinergi dalam organisasi (sistemik). Antar organisasi juga seharusnya ada kerjasama sehingga diperoleh sinergi dalam Negara.

Leadership
Untuk dapat merealisasikan hal di atas yang diperlukan bukan hanya sekedar itu namun juga leadership bukan managership. Karena untuk menciptakan sebuah perubahan, bukan sebuah paradigm yang lama peran leadership sangat diperlukan.
Seorang managership adalah seorang yang diatas dari segalanya, yang mengontrol dan memepengaruhi orang. Seorang managership akan melakukan keputusan-keputusan yang rutin atau biasa, restropective, dan reaktif. Sebaliknya seorang leadership adalah seorang yang menyokong  seluruhnya, dasar dari pondasi, bukan menyuruh tapi mencontohkan, bukan mengkontrol dan memepengaruhi namun menggerakkan. Seorang leadership juga seharusnya mengambil keputusan-keputusan kritis, prospective, proaktif. Sehingga akan terjadi pengembangan individu, performa, dan budaya orgaisasi yang akan meningkatkan daya saing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar